ESSAY

Writer / NIM
NASRUN R. DJUMADI / 831413060
Study Program
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Advisor 1 / NIDN
Dr MEYKE PARENGKUAN, M.Pd / 0003047906
Advisor 2 / NIDN
MIRDAYANI PAUWENI, S.Pd / 0003058402
Abstract
Abstrak Masalah, apakah pembelajaran permainan tenismeja khususnya pukulan forehand memerlukan model pembelajaran yang khusus. Tujuan penelitian untuk menguji secara ilmiah tentang pengaruh model pembelajaran explicit intruction terhadap keterampilan dasar pukulan forehand dalam permainan tenismeja pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tilango. Hipotesis penelitian ini terdapat pengaruh model pembelajaran explicit intruction terhadap keterampilan dasar pukulan forehand dalam permainan tenismeja. Metode yang di gunakan adalah metode experiment, dengan memberikan perlakuan model pembelajaran explicit intruction dan terprogram selama 20 pertemuan dengan frekuensi 3 kali seminggu, rancangan penilitian ini menggunakan desain penelitian one group pre test and post test desing. Dengan sampel berjumlah 20 siswa SMP Negeri 1 Tilango. Kemudian latihan di berikan selama 20 pertemuan dan di tes akhir dengan menggunakan tes pukulan forehand. Teknik analisa data adalah dengan menggunakan rumus uji t pada taraf signifikan =0,05 dalam analisa data pengujian hipotesis, diperoleh ttabel senilai 1.729 sesuai kriteria pengujian bahwa terima H0 jika thitung sama atau lebih kecil dari ttabel, sedangkan tolak H0 jika thitung lebih besar dari ttabel. Oleh karena itu thitung 8.77 lebih besar dari ttabel (1.729), maka hasil analisis menunjukan tolak H0 yang berarti terima Ha atau terima hipotesis penelitian. Dengan demikian kesimpulan analisa adalah terdapat pengaruh model pembelajaran explicit intruction terhadap keterampilan dasar pukulan forehand dalam permainan tenismeja pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tilango. Kata kunci : Tenismeja, Explicit Instruction, Forehand
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011