ESSAY

Writer / NIM
RAVID DOE / 831413106
Study Program
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Advisor 1 / NIDN
RUSLAN / 0017087802
Advisor 2 / NIDN
SYARIF HIDAYAT, S.Pd Kor M.Or / 0003047902
Abstract
ABSTRAK Ravid Doe, NIM 831 413 106. Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Dalam Olahraga Bola Voli Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Botumoito. Jurusan pendidikan jasmani, kesehatan dan rekreasi. Fakultas olahraga dan kesehatan. Universitas negeri gorontalo. 2017. Dengan pembimbing I (Ruslan, M.Pd) dan pembimbing II (Syarif Hidayat, M.Or). Masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah Terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Istruction Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Dalam Olahraga Bola Voli Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Botumoito", Tujuan penelitian ini : Untuk mengetahui seberapa besarnya Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Dalam Olahraga Bola Voli Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Bptumoito. Metode penelitian ini yaitu Penelitian Eksperimen. Desain Penelitian ini menggunakan one group pre-test and post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Botumoito. Sampel dalam Penelitian ini yaitu siswa kelas VIII yang berjumlah 34 siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik Claster Sampling atau sampel kelompok. Instrumen penelitian mengunakan tes passing bawah dalam olahraga bola voli, adapun teknik analisis data menggunakan uji t. Dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t penelitian model pembelajaran Explicit Instruction menunjukan harga thitung sebesar 21,46. Sedangkan dari daftar distribusi diperoleh harga tdaftar sebesar 1,679. Ternyata harga thitung lebih besar dari tdaftar atau harga thitung telah berada di luar daerah penerimaaan Ho, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan menolak Ho. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Explicit Instruction Memiliki Pengaruh Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Dalam Olahraga Bola Voli Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Botumoito. Kata kunci :(Explicit Instruction), Passing bawah Dalam Olahraga Bola Voli. ABSTRACT Ravid Doe, NIM 831 413 106. Influence of Explicit Instruction Learning Model on Learning Outcomes Under Passing Student Volley Ball Student Class VIII SMP Negeri 4 Botumoito. Department of physical education, health and recreation. Faculty of sports and health. State University of Gorontalo. 2017. With supervisor I (Ruslan, M.Pd) and mentor II (Syarif Hidayat, M.Or). The problem in this research is "Is There Influence of Explicit Istruction Learning Model on Student Result of Passing Down in VIII Class Volleyball Exercise SMP Negeri 4 Botumoito", The purpose of this research: To know how big Influence Learning Model Explicit Instruction To Learning Outcomes Under Sports Volley Ball Student Class VIII SMP Negeri 4 Botumoito. The method of this research is Experimental Research. Design This study uses one group pre-test and post-test design. The population in this study is all students of Class VIII SMP Negeri 4 Botumoito. The sample in this research are students of class VIII which amounted to 34 students, sampling using Cluster Sampling technique or group sample. The research instrument used the bottom passing test in volleyball, while the data analysis technique used t test. From the results of hypothesis testing using t-test research model Explicit Instruction learning shows the price of tcount of 21.46. While the list of distribution obtained registration price of 1.679. It turns out that the price of tcount is greater than the register or the price of tcount has been outside the receiving area of Ho, so it can be concluded that Ha accepted and rejected Ho. So, it can be concluded that Explicit Instruction Learning Model Has Influence on Learning Outcomes Under Passing Student Volley Ball Student Class VIII SMP Negeri 4 Botumoito. Keywords: (Explicit Instruction), Passing down In Volley Ball Sports.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011