ESSAY

Writer / NIM
ZAINUDIN NOHO / 831413120
Study Program
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Advisor 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Advisor 2 / NIDN
Dr MEYKE PARENGKUAN, M.Pd / 0003047906
Abstract
ABSTRAK Zainudin Noho, Nim 831 413 120âPengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Pukulan Servis ForehandDalam Permainan Tenis Meja Siswa Kelas VIIISMP Negeri 12 Kota Gorontaloâ. Program Studi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Jurusan Pendidikan Keolahragaan, Fakultas olahraga dan kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Drs, Sarjan Mile, Ms dan Ibu Dr, Meyke Parengkuan, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Pukulan Servis ForehandDalam Permainan TenisMeja Siswa Kelas VIIISMP Negeri 12 Kota Gorontalo. Hipotesis dalam penelitian ini yakni âTerdapat Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Pukulan Servis ForehandDalam Permainan Tenis Meja Siswa Kelas VIIISMP Negeri 12 Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian eksperimen. Dengan desain terdiri atas 2 variabel penelitian yaitu Variabel X (Model Pembelajarn explicit intruction) dengan Variabel Y (Pukulan Servis ForehandDalam Permainan Tenis Meja), dengan prosedur penelitian âPre Test (Xâ), Treatmen (T), dan Post Test (Xâ).Populasi dalam penelitian adalah seluruh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Gorontalo. Adapun sampel dalam penelitian yang ditetapkan adalah keseluruhan dari populasi sebanyak 25 siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Gorontalo yang diambil secara Total Sampling.Uji statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian ini adalah Uji t, dan Dari hasil pengujian hasil pre-test dan post-test menunjukkan harga thitung sebesar 40,84. Sedangkan dari daftar distribusi diperoleh harga tdaftar atau t(0,995(24) = 2.80. Ternyata harga thitung telah berada di dalam daerah penerimaan HA. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa HA diterima dan tidak dapat menerima Ho. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran explicit instruction dapat meningkatkan Pukulan servis Forehand Dalam Permainan Tenis Meja Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Gorontalo. Kata Kunci :model pembelajaran explicit intruction,Pukulan servis
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011