ESSAY

Writer / NIM
JULKIFLI BUYUNGGADANG / 831413214
Study Program
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Advisor 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Advisor 2 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Abstract
ABSTRAK JULKIFLI BUYUNGGADANG. Nim 831 413 214. Judul Skripsi ..."Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Kemampuan Passing Bawah Dalam Permainan Bolavoli Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Gorontalo. Di bawah bimbingan Drs. Sarjan Mile, M.S. selaku pembimbing I dan Risna Podungge, S.Pd, M.Pd. selaku pembimbing II Masalah dalam penelitian: apakah terdapat pengaruh model pembelajaran explicit instruction terhadap kemampuan passing bawah dalam permainan bolavoli siswa kelas XI SMA Negeri 2 gorontalo. Tujuan dalam penelitian ini: untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran explicit instruction terhadap kemampuan passing bawah dalam permainan bolavoli. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Gorontalo Kab. Gorontalo, selama 2 bulan. Penelitian menggunakan metode eksperimen ..."one group and post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Gorontalo yang berjumlah 206 orang dengan sampel sebanyak 20 orang. Menggunakan tehnik analisis data dengan uji. Dari hasil penelitian pre-test menunjukkan skor tertinggi 12 dan skor yang terendah 1. Setelah dilakukan analisis diperoleh nilai rata-rata 4.35 dan nilai standar deviasi 3.09 dan varians 9.60. Sedangkan pada hasil penelitian post-test menunjukkan skor tertinggi 15 dan skor terendah 4. Setelah dilakukan analisis diperoleh nilai rata-rata 7.05 dan standar deviasi 3.20 serta varians 10.26. Hal ini menunjukkan bahwa responden yang menjadi sampel dalam penelitian ini memperoleh peningkatan hasil rata-rata dari pre-test sampai post-test dengan selisih peningkatan sebesar 2.7. Sedangkan pengujian hasil pre-test dan post-test menunjukkan harga thitung sebesar 13.5 sementara itu dari daftar distribusi diperoleh harga tdaftar atau t(0,995(19) = 2.86. Ternyata harga thitung telah berada di dalam daerah penerimaan Ha. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan tidak dapat menerima Ho. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran explicit instruction dapat meningkatkan kemampuan passing bawah dalam permainan bolavoli. Kata Kunci : Passing Bawah Bolavoli, Model Pembelajaran Explicit Instruction.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011