Writer / NIM
JUSUF BAGUE / 831413263
Study Program
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Advisor 1 / NIDN
UCOK HASIAN REFIATER, S.Pd M.Pd / 0020117703
Advisor 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstract
ABSTRAK
tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar melalui model pembelajaran Explicit Instrction pada siswa kelas IV SDN No. 96 Sipatana Kota Gorontalo. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian 31 orang siswa kelas IV SDN No. 96 Sipatana. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis prosentase. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar gerak dasar lompat jauh melalui model pembelajaran Explicit Instruction dengan perolehan hasil belajar observasi awal secara klasikal 53,43%. Dalam siklus I mengalami peningkatan hasil belajar 59,22%, kemudian dilanjutkan dengan penelitian ke siklus II dan memperoleh hasil belajar siswa secara klasikal 82,15%. Maka penelitian dikatakan selesai. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dengan melalui model pembelajaran Explicit Instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi gerak dasar lompat jauh gaya jongkok. Terbukti dari siklus ke siklus kemampuan siswa telah mengalami peningkatan.
Kata Kunci: Explicit Instruction - Hasil Belajar - Lompat Jauh Gaya Jongkok
Download files