ESSAY

Writer / NIM
JUSUF BAGUE / 831413263
Study Program
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Advisor 1 / NIDN
UCOK HASIAN REFIATER, S.Pd M.Pd / 0020117703
Advisor 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstract
ABSTRAK tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar melalui model pembelajaran Explicit Instrction pada siswa kelas IV SDN No. 96 Sipatana Kota Gorontalo. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian 31 orang siswa kelas IV SDN No. 96 Sipatana. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis prosentase. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar gerak dasar lompat jauh melalui model pembelajaran Explicit Instruction dengan perolehan hasil belajar observasi awal secara klasikal 53,43%. Dalam siklus I mengalami peningkatan hasil belajar 59,22%, kemudian dilanjutkan dengan penelitian ke siklus II dan memperoleh hasil belajar siswa secara klasikal 82,15%. Maka penelitian dikatakan selesai. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dengan melalui model pembelajaran Explicit Instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi gerak dasar lompat jauh gaya jongkok. Terbukti dari siklus ke siklus kemampuan siswa telah mengalami peningkatan. Kata Kunci: Explicit Instruction - Hasil Belajar - Lompat Jauh Gaya Jongkok
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011