ESSAY

Writer / NIM
HARTATI SABIHI / 831413268
Study Program
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Advisor 1 / NIDN
RUSLAN / 0017087802
Advisor 2 / NIDN
MIRDAYANI PAUWENI, S.Pd / 0003058402
Abstract
ABSTRAK Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan teknik dasar start jongkok pada atletik melalui metode bagian-keseluruhan siswa kelas V SDN No 71 Kota Timur Kota Gorontalo. Hipotesis tindakan yakni " Jika menggunakan metode bagian-keseluruhan dalam pembelajaran maka kemampuan teknik dasar start jongkok pada lari jarak pendek kelas V SDN No 71 Kota Timur Kota Gorontalo akan meningkat". Indikator kinerja jika rata-rata terjadi peningkatan kemampuan dasar start jongkok pada lari jarak pendek siswa kelas V SDN No 71 Kota Timur Kota Gorontalo mencapai klasifikasi nilai sebesar 75-89 % maka penelitian ini selesai serta dinyatakan berhasil. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan guru, serta evaluasi terhadap materi yang diajarkan pada setiap siklus kemudian dianalisis baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Berdasarkan analisis data diketahui terjadi peningkatan rata-rata kemampuan dasar start jongkok pada lari jarak pendek yakni : pada observasi awal rata-rata kemampuan start jongkok pada lari jarak pendek sebesar 57,7. Setelah diadakan tindakan siklus I terjadi peningkatan 15,4% menjadi 73,1 dan pada tindakan siklus II diperoleh hasil capaian sebesar 87,2 atau terjadi peningkatan sebesar 14,1% dengan demikian rata-rata peningkatan dari observasi awal sampai pada siklus II sebesar 29,5%. Kesimpulan, jika menggunakan metode bagian-keseluruhan maka kemampuan teknik dasar start jongkok, siswa kelas V SDN No 71 Kota Timur Kota Gorontalo akan meningkat, dapat diterima. Kata Kunci: Start jongkok, metode bagian-keseluruhan.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011