ESSAY

Writer / NIM
ASURA SUDE / 831413276
Study Program
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Advisor 1 / NIDN
Dr AISAH R POMATAHU, mkes / 0020055808
Advisor 2 / NIDN
Dra. NURHAYATI LIPUTO, M.Pd / 0002095703
Abstract
ABSTRAK Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pengoperan tongkat melalui strategi kelompok pada siswa kelas IV SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango. Hipotesis tindakan yakni "Jika guru menggunakan strategi pembelajaran kelompok, maka kemampuan pengoporan tongkat estafet siswa kelas IV SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolanggo dapat ditingkatkan". Indikator kinerja jika pengoperan tongkat estapet non visual meningkat menjadi 85%, maka penelitian dinyatakan selesai. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan guru serta evaluasi atas meteri yang diajarkan pada setiap siklus kemudian data analisis baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Berdasarkan analisis data diketahui terjadi peningkatan rata-rata kemampuan pengoperan tongkat estafet non visual yakni: pada observasi awal rata-rata kemampuan pengoperan tongkat estafet non visual sebesar 53.56. setelah di adakan tindakan siklus I terjadi peningkatan sebesar 20,38 menjadi 73,94. dan di siklus II terjadi peningkatan sebesar 12,08 menjadi 86,02 dengan demikian rata-rata peningkatan dari observasi awal sampai pada siklus II sebesar 32,46 jadi hipotesis yang berbunyi "Jika menggunakan strategi pembelajaran kelompok, maka kemampuan pengoporan tongkat estafet siswa kelas IV SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolanggo dapat ditingkatkan" dapat diterima. Kata Kunci : Pengoperan Tongkat Estafet Non Visual Melalui Strategi Kelompok
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011