ESSAY

Writer / NIM
RUSLI BUSURA SINO / 831413304
Study Program
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Advisor 1 / NIDN
Dr AISAH R POMATAHU, mkes / 0020055808
Advisor 2 / NIDN
RUSLAN / 0017087802
Abstract
ABSTRAK Rusli Busura Sino. NIM. 831 413 304. "Meningkatkan Teknik Dasar Menendang Dengan Kaki Bagian Dalam Pada Permainan Sepak Bola Melalui Metode Berpasangan Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Botupingge". Pembimbing I Dr. Hj. Aisah R. Pomatahu, Dra, M.Kes dan Pembimbing II Ruslan, S.Pd, M.Pd. 2015 Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah melalui metode berpasangan dapat meningkatkan teknik dasar menendang dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Botupingge?. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan teknik dasar menendang dengan menggunakan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola siswa kelas VII SMP Negeri 1 Botupingge. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu metode berpasangan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Botupingge. Adapun Subyek dalam penelitian adalah siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Botupingge dengan jumlah siswa 20 orang yang terdiri dari 8 orang putra dan 12 orang putri. Hasil Penelitian menyimpulkan bahwa observasi awal rata-rata keterampilan siswa dalam melakukan menendang dengan menggunakan kaki bagian dalam sebesar 54,6 dengan kategori kurang. Selanjutnya dilaksanakan siklus I, adapun rata-rata keterampilan yang diperoleh yaitu 71,9 dengan kategori cukup. Pada sisklus II, terjadi peningkatan yang signifikan, serta melampaui indikator kinerja yang diharapkan yaitu rata-rata kemampuan siswa mencapai 81,1 dengan kategori baik. Dengan demikian disimpulkan hipotesis penelitian yang berbunyi "terdapat peningkatan keterampilam teknik dasar menendang dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola siswa SMP Negeri 1 Botupingge dengan menerapan strategi practice rehearsal pairs (praktik berpasangan)" diterima. Kata Kunci : Permainan Sepak Bola, Teknik Dasar Menendang Dengan Kaki Bagian, Metode Berpasangan
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011