ESSAY

Writer / NIM
LISA SAKURA / 831414032
Study Program
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Advisor 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Advisor 2 / NIDN
MIRDAYANI PAUWENI, S.Pd / 0003058402
Abstract
ABSTRAK Lisa Sakura. 2018. Pengembangan Model Permainan Badponk Pada Siswa di SMK Gotong Royong. Universitas Negeri Gorontalo. 2018. Pembimbing I: Drs. Sarjan Mile, M.S, pembimbing II: Mirdayani Pauweni, S.Pd, M.Pd. Kata kunci : Badponk, pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan, media pembelajaran, siswa sekolah SMK gotong royong. Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan produk pengembangan model permainan badpponk sebagai media pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan siswa sekolah menengah kejuruan kelas X. Secara khusus penelitian diharapkan dapat meningkatkan proses pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, serta mengidentifikasi karakteristik, keunggulan, dan keterbatasan model permainan yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, pengembangan produk, dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu mendesain draf produk awal, validasi ahli, uji coba skala kecil, revisi tahap 1, revisi tahap II, uji skala besar, revisi terakir. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK gotong royong kelas X. Jumlah subjek penelitian adalah 83 siswa. Validasi ahli dilakukan oleh 4 orang ahli dan satu orang guru penjas. Uji coba skala kecil berjumlah 15 siswa dan uji coba skala besar 83 siswa. Hasil penelitian ini adalah suatu produk model permainan badponk yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran Pendidikan Jasmani, olahraga dan kesehatan. Berdasarkan uji coba skala luas terhadap produk, diketahui respon siswa dalam bentuk skor total dengan kategori sangat baik. Skor total tersebut menggambarkan pencapaian kompetensi dasar dalam proses pembelajaran, dengan menggunakan permainan badponk. Kesimpulan penelitian ini adalah suatu model produk model permainan badponk yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, untuk mengembangkan keterampilan gerak dasar, dan menanamkan nilai kerjasama, sportifitas, dan kejujuran pada siswa sekolah menengah kejuruan kelas X. Berdasarkan hasil penelitian diatas diharapkan bagi guru penjas di SMK gotong royong dapat menggunakan produk-produk model permainan badponk sebagai media pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan bagi siswa kelas X.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011