ESSAY

Writer / NIM
ZUPRIN / 831414039
Study Program
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Advisor 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Advisor 2 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Abstract
ABSTRAK Zuprin. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Passing Bawah Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Permainan Bola Voli Pada Siswa Kelas X-1 SMK Negeri Botumoito. Jurusan Pendidikan Keolahragaan, Prodi S1 Penjaskesrek, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Di bimbing oleh Drs. Sarjan Mile, M.S. selaku Pembimbing I dan Ibu Risna Podungge, S.Pd.,M.Pd. selaku Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar gerak passing bawah melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam permainan bola voli pada siswa kelas X-1 SMK Negeri Botumoito. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan observasi awal sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif type jigsaw lalu dilakukan pembelajaran dengan pendekatan bermain yang dilakukan pada siklus I dan siklus II yang berbentuk aplikasi teknik dasar menendang bola dengan kaki bagian dalam sebanyak 3 kali pertemuan. Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) dari observasi awal diperoleh tahap persiapan 61,04%, tahap perkenaan 49,92%, dan akhir gerakan 57,44% dengan skor rata-rata keseluruhan 56,13% berada pada kriterian penilaian kurang. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif type jigsaw. (2) dari evaluasi siklus I diperoleh tahap persiapan 74,16%, tahap perkenaan 64,12%, dan akhir gerakan 73,16% dengan skor rata-rata keseluruhan 70,48%. Kemudian dilakukan kembali model pembelajaran kooperatif type jigsaw. (3) dari tes evaluasi siklus II diperoleh tahap persiapan 83,68%, tahap perkenaan 79,76%, dan akhir gerakan 87,08%, keseluruhan ini dilakukan dengan praktek, skor rata-rata keseluruhan sebanyak 83,51%, artinya telah berada pada kategori sangat baik. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif type jigsaw dalam melakukan teknik dasar passing bawah dengan kaki bagian dalam dapat ditingkatkan. Dengan hasil analisis data tersebut maka hipotesis tindakan teruji kebenarannya yaitu : jika melalui model pembelajaran kooperatif type jigsaw maka hasil belajar passing bawah pada siswa kelas X-1 SMK Negeri Botumoito dapat diterima dan dapat ditingkatkan. Kata Kunci : Kooperatif type jigsaw, Passing bawah, Bola Voli ���� ABSTRACT Zuprin. 2021. Improving The Results of Learning Motion Passing Down Through Cooperative Learning Model Jigsaw Type In Volleyball Games In Grade X-1 Students smk Negeri Botumoito. Department of Sports Education, Study Program S1 Penjaskesrek, Faculty of Sports and Health, Gorontalo State University. Guided by Drs. Sarjan Mile, M.S. as Advisor I and Mrs. Risna Podungge, S.Pd., M.Pd. as Supervisor II. This study aims to find out the results of learning downward passing motion through a jigsaw-type cooperative learning model in volleyball games in students of grade X-1 SMK Negeri Botumoito. The research method used is Class Action Research. To obtain the data in this study, initial observations were made before using the cooperative learning model type jigsaw and then conducted learning with a play approach conducted in cycle I and cycle II in the form of basic techniques application of kicking the ball with the inner legs as many as 3 meetings. After the data collected will be analyzed: (1) from the initial observation obtained the preparation stage 61.04%, the use stage 49.92%, and the end of the movement 57.44% with an overall average score of 56.13% is on the criteria of undervalued. Then the learning is done using a cooperative learning model type jigsaw. (2) from the evaluation of cycle I obtained the preparation stage of 74.16%, the introduced stage of 64.12%, and the end of the movement of 73.16% with an overall average score of 70.48%. Then re-conducted cooperative learning model type jigsaw. (3) from the evaluation test cycle II obtained the preparation stage 83.68%, the stage of use 79.76%, and the end of the movement 87.08%, the whole is done by practice, the overall average score as much as 83.51%, meaning it has been in the category of very good. In this case it can be seen that there is an increase in the average value from cycle I to cycle II. Then it can be concluded that through cooperative learning model type jigsaw in performing basic techniques of passing down with the inner leg can be improved. With the results of the data analysis, the hypothesis of proven action is: if through a cooperative learning model type jigsaw then the results of learning passing down in grade X-1 students smk Negeri Botumoito can be accepted and can be improved. Keywords : Cooperative jigsaw type, Under-Passing, Volleyball
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011