ESSAY

Writer / NIM
RAZIQ ABDILLAH ASSAGAF / 831415091
Study Program
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Advisor 1 / NIDN
Dr ASRY SYAM, S.Pd, M.Pd / 0006067607
Advisor 2 / NIDN
RUSLAN, S.Pd, M.Pd / 0017087802
Abstract
Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : âApakah model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan teknik dasar pukulan forehand padapermainantenismejapadasiswakelas VI SDN 55 Dumbo Raya?â Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan teknik dasar pukulan forehand padapermainan tenis meja melaluimodel kooperatif tipe STAD padasiswakelas VI SDN 55 Dumbo Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model kooperatif tipe STAD. Berdasarkan hasil analisis data pada observasi, siklus I dan siklus II pemberian tindakan dalam penelitian tindakan kelas ini menunjukkan keberhasilan melalui peningkatan kemampuan siswa kelas VI dalam melakukan teknik dasar pukulan forehand, sebagai berikut :Aspek (A) tahap persiapan pada observasi data awal rata-rata kemampuan siswa mencapai 66.76, siklus I mencapai 76.67 dan siklus II mencapai 81.97.Aspek (B) tahap gerakan pada observasi data awal rata-rata kemampuan siswa mencapai 49.87, siklus I mencapai 61.68, dan siklus II mencapai 79.11.Aspek (C) tahap akhir pada observasi data awal rata-rata kemampuan siswa mencapai 51.09, siklus I mencapai 64.08, dan siklus II mencapai 79.3. Memperhatikan peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa berarti hipotesis yang di rumuskan yaitu âjika melalui model pembelajaran student team achievement division (STAD)maka teknik dasar pukulan forehand pada siswakelas VI di SDN 55 Dumbo Raya akan meningkatâ (terbukti kebenarannya).Jadipenelitian tindakan kelas (PTK) ini dapat dikatakan telah berhasil. Kata Kunci : PukulanForehand, Permainan TenisMeja, Model Kooperatif Tipe STAD
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011