ESSAY

Writer / NIM
RESA TALAWO / 831418116
Study Program
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Advisor 1 / NIDN
Drs ASWAN DAI, M.Pd / 0021026102
Advisor 2 / NIDN
ELLA H. TUMALOTO, S.Pd., M.Pd / 0028048705
Abstract
ABSTRAK Resa Talawo. NIM. 831418116. Meningkatkan Kemampuan Menggiring Bola Dalam Permainan Sepak bola Melalui penerapan Metode Resiprokal Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Suwawa Selatan. 2022. Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi, Jurusan Pndidikan Keolahragaan Fakultas Olahraga Dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Aswan Dai, M.Pd Dan Pembimbing II Ella H. Tumaloto S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut ��Ã..."Adapun masalah dalam penelitian ini yaitu apakah penerapan metode pembelajaran resiprokal dapat meningkatkan kemampuan menggiring bola dalam permainan sepak bola siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Suwawa Selatan?��. Tujuan dari penelitian ini adalah untuka mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan metode pembelajaran resiprokal terhadap kemampuan menggiring bola dalam permainan sepak bola siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Suwawa Selatan. Hipotesis Tindakan dalam penelitian Tindakan kelas ini adalah melalui penerapan metode resiprokal maka Gerakan menggiring bola pada permainan sepak bola siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Suwawa Selatan dapat ditingkatkan. Penelitian Tindakan kelas pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Suwawa Selatan dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan Tindakan, (3) pengamatan/obsevasi, dan (4) analisis dan refleksi. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dan pembahasan yang telah diungkapkan pada pembahasan sebelumna, diperoleh simpulan bahwa: Pembelajaran melalui penerapan metode resiprokal, dapat meningkatkan Gerakan menggiring bola pada permainan sepak bola pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Suwawa Selatan. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan yang siknifikan dari siklus I dan siklus II. Gerakan menggiring bola pada siklus I meningkat menjadi 62,24 dengan jumlah siswa 28 orang. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 81,38
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011