ESSAY

Writer / NIM
SELVIANA LASULIKA / 832408039
Study Program
S1 - PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA
Advisor 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Advisor 2 / NIDN
MARSA LIE TUMBAL, S.Pd M.Pd / 0023047603
Abstract
ABSTRAK Selviana Lasulika. NIM. 832 408 039. “Pengaruh Pelatihan Berpasangan Terhadap Kemampuan Pasing Bawah Pada Permainan Bola Voli Di SMP Negeri 10 Gorontalo.” Skripsi. Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olah Raga Fakultas Ilmu Kesehatan Dan Keolahragaan Universitas Negeri Gorontalo 2012. Bimbingan Risna Podungge Spd, M.pd, Marsa Lie Tumbal Spd, M.pd. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah “ Bagaimana Pengaruh Pelatihan Berpasangan Terhadap Kemampuan Pasing Bawah Pada Permainan Bola Voli Pada Siswa SMP Negeri 10 Gorontalo?” Tujuan penelitan adalah untuk mengetahui pengaruh pelatihan berpasangan terhadap kemampuan pasing bawah pada permainan bola voli pada siswa SMP Negeri 10 Gorontalo. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 92 orang, sedangkan jumlah sampel 20 orang, teknik penarikan sampel menggunakan random sampling yang mana sampel di ambil secara acak dari kelas 7 yakni siswa SMP Negeri 10 Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan variabel X latihan berpasangan dan variabel Y kemampuan pasing bawah, teknik pengumpulan data yakni menggunakan teknik pree test dan post test, sedangkan untuk analisis data perbedaan rata-rata kemampuan pasing bawah sebelum dan sesuda latihan berpasangan. Berdasarkan hasil perhitungan di peroleh terobservasi = 63,74. Dari tabel nilai T tabel alfa ? = 0,05/ dk = n-1 ( 20-19 ) diperoleh harga tabel 1,729. Dengan demikian T hitung lebih besar daripada T tabel. Berdasarkan kriteria pengujian bahwa terima HO / jika T hitung > T tabel, oleh karena itu hipotesis alternatif atau Ha dapat di terima,sehingga dapat di nyatakan terdapat pengaruh pelatihan pasing berpasangan terhadap kemampuan pasing bawah pada permainan bola voli. Kata Kunci: Pelatihan Berpasangan dan Kemampuan Pasing Bawah.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011