ESSAY

Writer / NIM
SITI ROHMATUL KHUSNA / 841411025
Study Program
S1 - KEPERAWATAN
Advisor 1 / NIDN
SUWARLY MOBILIU, S.Kp., M.Kep / 00310561
Advisor 2 / NIDN
DR.SRI IBRAHIM / 14
Abstract
ABSTRAK Siti Rohmatul Khusna. 2015. Hubungan status gizi dengan perkembangan motorik halus pada anak usia 1-3 tahun di Desa Tabumela Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi Keperawatan, Fakultas ilmu-ilmu Kesehatan dan Keolahragaan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Suwarly Mobiliu S.Kp, M.Kep, Pembimbing II dr.Sri A. Ibrahim, M.Kes. Status Gizi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan motorik halus karena anak yang memiliki gizi baik, perkembangannya akan baik. Status gizi baik akan mempengaruhi perkembangannya dimana syaraf-syaraf anak dapat berfungsi dengan baik dalam melakukan tugasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status gizi dengan perkembangan motorik halus anak di Desa Tabumela Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Jumlah sampel 45 anak. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar anak memiliki status gizi baik yaitu sebanyak 30 anak (66,7%) dan status gizi kurang 15 anak (33,3%). Anak yang memiliki perkembangan motorik halus dengan kategori baik sebanyak 28 anak (62,2%) dan anak yang memiliki perkembangan motorik halus dengan kategori kurang sebanyak 17 anak (37,8%). Berdasarkan analisis data menggunakan uji Chi-Square didapatkan P Value=0,000 menunjukkan ada hubungan antara status gizi dengan perkembangan motorik halus pada anak . Kesimpulannya ada hubungan antara status gizi dengan perkembangan motorik halus,. dan di sarankan orang tua menambah wawasan tentang kebutuhan nutrisi anak dan perkembangan motorik halus anak, sehingga orang tua dapat menerapkan pola asuh yang lebih baik, dan dapat memberikan stimulasi perkembangan anak secara optimal. Kata Kunci : Status Gizi, Perkembangan Motorik Halus Daftar Pustaka: (1998-2015)
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011