ESSAY

Writer / NIM
MELDI AMALA / 841411106
Study Program
S1 - KEPERAWATAN
Advisor 1 / NIDN
dr. NANANG ROSWITA PARAMATA, M.Kes / 0028107706
Advisor 2 / NIDN
/ 013
Abstract
ABSTRAK Meldi Amala. 2015. Pengaruh Bermain Puzzle Terhadap Perkembangan Fungsi Kognitif Anak TK di Kecamatan Pinogaluman Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Skripsi, Jurusan S1 Keperawatan, Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan Dan Keolahragaan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I dr. Nanang Roswita Paramata, M.Kes dan Pembimbing II Ns. Wirda Y. Dulahu, S.Kep, M.Kes. Kognitif adalah suatu proses berfikir, yaitu kemampuan anak untuk memproses dan mengkategorikan informasi-informasi yang diperolehnya. Kemampuan ini berhubungan dengan tingkat kecerdasan (intelegensi). Salah satu cara untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak yaitu dengan permainan edukatif seperti puzzle. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain puzzle terhadap perkembangan fungsi kognitif anak TK di Kecamatan Pinogaluman Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Penelitian ini menggunakan rancangan Quasi Eksperimen dengan menggunakan metode pendekatan Non Equivalent Control Group. Jumlah sampel 36 responden yang berasal dari 2 sekolah yang berbeda, menggunakan tehnik Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi menggunakan uji statistik Wilcoxon signed rank test (p = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh bermain puzzle terhadap perkembangan fungsi kognitif anak TK di Kecamatan Pinogaluman Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dengan nilai p = 0,007 dengan taraf signifikan â 0,05. Diharapkan bagi sekolah, terutama tenaga pendidik walaupun tidak sesuai dengan profesinya, diharapkan dapat memilih metode yang sesuai dengan usia anak yaitu metode belajar sambil bermain pada anak TK sehingga anak tidak bosan dan perkembangannya pun akan meningkat melalui permainan-permainan edukatif. Kata Kunci : Bermain Puzzle, Perkembangan Kognitif, Anak TK Daftar Pustaka : 32 (2007-2014)
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011