ESSAY

Writer / NIM
ISRA TOHOPI / 841416111
Study Program
S1 - KEPERAWATAN
Advisor 1 / NIDN
RINI FAHRIANI ZEES, S.Kep, Ns., M.Kes / 00011181
Advisor 2 / NIDN
SITTI FATIMAH MEYLANDRI ARSAD, S.Kep, Ns, M.Kep / 0021059004
Abstract
ABSTRAK Isra Tohopi. 2021. Gambaran Tingkat Stres Mahasiswa Keperawatan Dalam Menghadapi Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Di Universitas Negeri Gorontalo. Skripsi, Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Olah Raga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ns. Rini Fahriani Zees, M.Kep dan Pembimbing II Ns. Sitti Fatimah M. Arsad, M.Kep. Stres merupakan reaksi alami tubuh terhadap tekanan, tegangan dan perubahan dalam kehidupan pada mahasiswa, begitu juga dalam menghadapi pembelajaran online khususnya dimasa pandemik Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gambaran tingkat stres mahasiswa keperawatan dalam menghadapi pemebelajaran daring di masa pandemi di Universitas Negeri Gorontalo. Desain dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa keperawatan semester dua yang mengikuti pembelajaran daring di Universitas Negeri Gorontalo yang berjumlah 146 Sampel dengan teknik Total Sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner tingkat stres berdasarkan gejala emosional, kognitif atau mental, fisiologis dan perilaku. Kuesioner diadaptasi dari Nurmala dkk (2020). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebanyak 4 responden (2,7%) stres mahasiswa keperawatan dalam kategori ringan dan sebanyak 142 responden (97,3%) stres mahasiswa keperawatan dalam kategori sedang. Kesimpulannya bahwa sebagian besar mahasiswa keperawatan mengalami stres dalam kategori sedang dan sebagian kecil stres ringan dalam menghadapi pembelajaran daring di masa pandemik Covid-19. Kata Kunci : Stres, Mahasiswa Keperawatan, Daring Daftar Pustaka : 50 Referensi (2008 Ãยข�" 2021)
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011