ESSAY

Writer / NIM
FITRI TUMALOTO / 841417178
Study Program
S1 - KEPERAWATAN
Advisor 1 / NIDN
dr SRI ANDRIANI IBRAHIM, M.Kes / 0007037104
Advisor 2 / NIDN
Ns YUNIAR MANSYE SOELI, S.Kep,M.Kep,Sp.Kep.J / 0021068501
Abstract
ABSTRAK Fitri Tumaloto, 2021. Hubungan Interaksi Teman Sebaya dengan Perkembangan Sosial-Emosional Anak Usia Sekolah Di SDN 2 Telaga Biru. Skripsi, Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I dr. Sri A. Ibrahim, M.Kes dan Pembimbing II Ns. Cindy Puspita Sari Haji Jafar, S.Kep.,M.Kep. Anak usia sekolah merupakan masa dimana terjadi perubahan yang bervariasi pada pertumbuhan dan perkembangan anak yang akan mempengaruhi pembentukan karakteristik dan kepribadian anak. Periode usia sekolah ini menjadi pengalaman inti anak yang dianggap mula bertanggung jawab atas perilakunya sendiri dalam hubungan dengan teman sebaya, orang tua dan orang yang ada disekitarnya. Sedangkan perkembangan sosial emosional dilakukan dengan mendengar, mengamati dan meniru hal-hal yang dilihatnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan interaksi teman sebaya dengan perkembangan sosial-emosional anak usia sekolah di SDN 2 Telaga Biru. Jenis penelitian ini menggunakan analitik korelasional dengan desain penelitian cross sectional dengan jumlah populasi 207 anak dan sampel sebanyak 67 responden melalui teknik purposive sampling dan analisa data menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian di dapatkan sebagian besar anak memiliki interaksi teman sebaya baik sebanyak 48 anak (71,6%), cukup sebanyak 19 anak (28,4%). Anak yang memiliki perkembangan sosial emosional baik sebanyak 47 anak (70,1%), cukup sebanyak 20 anak (29,9%). Kesimpulan dari penelitian ini bahwa ada hubungan interaksi teman sebaya dengan perkembangan sosial-emosional anak usia sekolah di SDN 2 Telaga Biru dengan (P Value = 0,049). Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan Interaksi antara teman sebaya melalui edukasi dari guru yang berada disekolah untuk anak dapat bersosialisasi dengan teman sebaya ataupun orang yang berada di sekitarnya agar anak dapat mengetahui pentingnya interaksi teman sebaya untuk perkembangan sosial-emosionalnya. Kata kunci : Interaksi Teman Sebaya dan Perkembangan Sosial Emosional Daftar Pustaka : 49 (2010-2021)
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011