ESSAY

Writer / NIM
IBRAHIM YASIN / 841418022
Study Program
S1 - KEPERAWATAN
Advisor 1 / NIDN
WIRDA Y DULAHU, S.Kep, Ns., M.Kep / 0923038701
Advisor 2 / NIDN
NUR AYUN R YUSUF, S.Kep, Ns, M.Kep. / 8983350022
Abstract
ABSTRAK Ibrahim Yasin. 2022. Hubungan Persepsi Masyarakat Dengan Kecemasan Dalam Menjalani Vaksin Covid-19 di Desa Tabongo Timurkecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo. Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Olahraga Dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Wirda Y. Dulahu, dan Pembimbing II Nur Ayun R. Yusuf, Program vakasinasi covid-19 juga dilakukan pemerintah Provinsi Gorontalo guna menekan laju penyebaran covid-19 dan sebagai upaya pembentukan kekebalan kelompok (herd Immunity). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi masyarakat dengan kecemasan dalam menjalani vaksin Covid-19 di Desa Tabongo Timur Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode cross sectional dengan jumlah sampel 89 responden dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Analisa menggunakan uji chi rank Spearman. Hasil penelitian didapatkan bahwa persepsi positif tentang vaksinasi Covid-19 sebanyak 78 responden (87,6%), dan yang paling sedikit yaitu persepsi negatif tentang vaksinasi covid-19 sebanyak 11 responden (12,4%) dan tidak ada kecemasan sebanyak 69 responden (77,5%), cemas ringan sebanyak 13 responden (14,6%), cemas sedang sebanyak 6responden (6,7%), dan yang paling sedikit cemas berat yaitu sebanyak 1 responden (1,1%). Hasil uji analisis statistic diperoleh diperoleh 0,019. Sehingga 0,019 < 0,05. Terdapat hubungan yang bermakna antara hubungan persepsi masyarakat dengan kecemasan dalam menjalani vaksin covid-19 di Desa Tabongo Timur Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo, ini berarti kekuatan hubungan persepsi dengan kecemasan dalam menjalani vaksin covid-19 termasuk dalam hubungan yang signifikan. Kata kunci : Persepsi Masyarakat, Kecemasan, Vaksin Covid-19 Daftar Pustaka : 55 (2015-2022)
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011