ESSAY

Writer / NIM
NURDIANA TOHOPI / 911409043
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
HAIS DAMA, SE, M.Si / 0005037306
Advisor 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstract

ABSTRAK Nurdiana Tohopi, Nim 911 409 043 “Penerapan pembelajaran pakem dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi”. (suatu penelitian pada sekolah SMP Negeri 1 Suwawa). Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Hais Dama, SE. M.Si dan Agil Bachsoan, S.Ag. M.Ag. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah adakah pengaruh pembelajaran pakem dengan motivasi belajar siswa Kelas VII SMP N 1 Suwawa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran pakem terhadap motivasi belajar siswa di Kelas VII SMP N 1 Suwawa pada mata pelajaran ekonomi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumenter. Selanjutnya teknik analis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian statistik hubungan antara pengaruh pembelajaran pakem dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi memiliki hubungan yang cukup baik ini dapat dilihat dari besarnya pengaruh penerapan pakem terhadap motivasi belajar siswa adalah 27,04% dan 72,96% di pengaruhi oleh faktor lain yang tidak di desain oleh peneliti. Sehingga hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh positif antara penerapan pembelajaran pakem dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas VII SMP Negeri 1 Suwawa dinyatakan “diterima”. Kata kunci : Penerapan Pakem, Motivasi Belajar Siswa

Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011