ESSAY

Writer / NIM
ARI ADI PUTRA HALIM / 911409056
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
IMRAN ROSMAN HAMBALI, S.Pd., SE., MSA / 0023087004
Advisor 2 / NIDN
Hj. IRAWATI ABDUL, SE, M.Si / 0009027402
Abstract
Ari Adi Putra Halim. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi melalui Penerapan Pembelajaran Model Cooperative Tipe Make A Match di Kelas XI IPS MA Ulul Albab Ayong Kabupaten Bolaang Mongondow. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Imran R. Hambali, S.Pd, SE, M.SA dan Pembimbing II Hj. Irawati Abdul, SE, M.Si. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi melalui Penerapan Pembelajaran Model Cooperative Tipe Make A Match di Kelas XI IPS MA Ulul Albab Ayong Kabupaten Bolaang Mongondow. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menggunakan model pembelajaran make a match aktivitas siswa pada pembelajaran lebih terfokus kemateri dan dengan penggunaan Pembelajaran model cooperative tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI IPS di M.A Ulul Albab Ayong di Kabupaten Bolaang Mongondow. Data hasil pengamatan hasil belajar siswa pada observasi awal, siklus I dan siklus II, pada observasi awal hanya 12 orang siswa atau 37.5% yang mencapai KKM, pada siklus I siswa yang tuntas menjadi 16 orang atau 50.00%. dan yang belum tuntas berjumlah 16 orang atau 50.00%. dan pada siklus II siswa yang tuntas berjumlah berjumlah 27 orang atau 84.37% dan yang belum tuntas berjumlah 5 orang atau 15.63%. Hal ini merupakan salah satu bukti dari keberhasilan penggunaan pembelajaran model cooperative tipe Make A Match terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Cooperative Tipe Make A Match
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011