ESSAY

Writer / NIM
ISMAIL MANOPPO / 911409149
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
IRWAN YANTU, S.Pd., M.Si / 0020107305
Advisor 2 / NIDN
HERWIN MOPANGGA, SE, M.Si / 0024037803
Abstract
ABSTRAK Ismail Manoppo 911409149. 2014." Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran Ekonomi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inside-Outside Circle Di Kelas XI IPS pada MA Al-Hidayah Duminanga, Kecamatan Bolaang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan" Skripsi Konsentrasi Pendidikan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan S1 Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Irwan Yantu S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Herwin Mopangga SE., M.Si. Peneltian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inside-Outside Circle Dikelas XI IPS MA Al-Hidayah Duminanga, Kecamatan Bolaang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas, subyek penelitian berjumlah 28 orang. Variabel penelitian teerdiri dari variabel input, proses, dan output. Tahapan penelitian terdiri dari persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data yakni menggunakan instrumen penelitian berupa observasi, evaluasi dan dokumentasi.Teknik analisis data dilaksanakan secara kuantitatif serta menggunakan kriteria penilaian prestasi hasil belajar. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa hipotesi yang berbunyi: "jika guru menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) pada kelas XI di MA Al-Hidayah Duminanga maka hasil belajar akan meningkat, dapat diterima karena didukung dengan hasil belajar siswa yang meningkat pada tahap observasi awal hasil belajar hanya 39,28% setelah dilakukan siklus I meningkat menjadi 64,29% dan meningkat lagi setelah dilakukan siklus II menjadi 82,14%. Hasil pengamatan kegiatan guru juga meningkat dari 70,59% pada siklus I menjadi 94,12% pada siklus II. Hasil pengamatan kegiatan siswa juga meningkat dari 71,43% pada siklus I menjadi 85,72% pada siklus II. Kata Kunci: Hasil Belajar, Inside Outside Circle, Ekonomi.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011