ESSAY

Writer / NIM
LUCY KATILI / 911409168
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Advisor 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstract
ABSTRAK LUCY KATILI, NIM 911 409 168. "Penggunaan Metode Cooperation Integreted Reading And Composition(CIRC) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi di Kelas X-AK2 SMK Negeri 1 Kota Gorontalo. Skripsi. Dibawah Bimbingan Dr. Usman Moonti, M.Si Dan Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo, tahun 2017 Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan Metode CIRC dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran Akuntansi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sedangkan yang dijadikan Hipotesis penelitian tindakan ini adalah " jika guru menggunakan Metode CIRC dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran Akuntansi, maka hasil belajar siswa pada kelas X-Ak2 SMK Negeri 1 Gorontalo akan meningkat ", dengan indikator penelitian: dimana bila siswa memperoleh nilai atau hasil belajar mengalami ketuntasan yaitu 85 akan meningkat dari 32% menjadi 80%. Hasil belajar yang belum sesuai dengan yang diharapkan antara lain disebabkan oleh beberapa aspek kegiatan guru, yang belum terlaksana secara optimal pada siklus I. setelah dilakukan perbaikan dan penyempurnaan aspek-aspek kegiatan belajar mengajar, pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan pada hasil pengamatan pelaksanaan siklus II yang menunjukkan bahwa dari 22 siswa dikelas X-Ak2 SMK Negeri 1 Gorontalo tahun 2016/2017 yang dikenai tindakkan memperoleh nilai 85 keatas terdapat 18 orang siswa (81,81%) dengan rata-rata 82,04%. Berdasarkan data analisis nilai yang diperoleh dengan menggunakan Metode CIRC dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran Akuntansi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Metode Intergrated Reading and Composition
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011