ESSAY

Writer / NIM
SRISELVIYANI WAHAB / 911409189
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Advisor 2 / NIDN
Dr IRAWATY IGIRISA, M.Si / 0028097104
Abstract

Sri Selviyani Wahab, Nim: 911 409 189. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Melalui Metode Pemberian Tugas (Resitasi) Siswa Kelas XI IS1 SMA Negeri 2 Gorontalo”. Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Ibu Dra. Irina Popoi, S.Pd, M.Pd dan Dr. Irawaty Igirisa, M.Si.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode pemberian tugas (resitasi) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IS1 SMA Negeri 2 Gorontalo. Variabel penelitian terdiri dari variabel input, variabel proses dan variabel output. Objek berjumlah 29 orang siswa. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar observasi kegiatan guru dan kegiatan siswa serta tes hasil belajar yang dilakukan secara siklus.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis tindakan yang dikemukakan diduga “Dengan digunakannya metode pemberian tugas (resitasi) dalam mata pelajaran akuntansi, maka hasil belajar siswa kelas XI IS1 SMA Negeri 2 Gorontalo akan meningkat”. Terbukti dan dapat diterima karena 1) siswa yang memperoleh hasil belajar minimal 7,5 saat observasi menjadi 44,82% siklus I dan meningkat lagi menjadi 79,31% hasil siklus II, 2) hasil pengamatan kegiatan guru yang termasuk kategori sangat baik dari 68,52% pada siklus I menjadi 81,25% pada siklus II, 3) hasil pengamatan kegiatan siswa yang termasuk kategori sangat baik dan meningkat dari 62,5% pada siklus I menjadi 75% pada siklus II.

 

 

Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa dan Metode Pemberian Tugas

 

Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011