ESSAY

Writer / NIM
BADRIA / 911410005
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Advisor 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstract

ABSTRAKBadria. 911410005. Pengaruh Bentuk Tes dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VII SMP Negeri 2 Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Negeri Gorontalo. 2013.Pelaksanaan penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang mengikuti tes bentuk uraian dan tes bentuk pilihan ganda pada mata pelajaran IPS di Kelas VII SMP Negeri 2 Gorontalo, apakah terdapat interaksi antara motivasi belajar siswa dengan bentuk tes terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Kelas VII SMP Negeri 2 Gorontalo, apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi antara yang mengikuti bentuk tes uraian dan bentuk tes pilihan ganda pada mata pelajaran IPS di Kelas VII SMP Negeri 2 Gorontalo, apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang memilki motivasi belajar rendah antara yang mengikuti bentuk tes uraian dan bentuk tes pilihan ganda pada mata pelajaran IPS di Kelas VII SMP Negeri 2 Gorontalo.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen semu (quasi experiment), dimana dalam penelitian ini terdapat tiga variabel yaitu variabel bebas (x), variabel atribut, dan variabel terikat (y). Subyek penelitian berjumlah 135 orang. Prosedur penelitian terdiri dari tahap strategi pembelajaran, tahap pelaksanaan perlakuan uji coba eksperimen, tahap pemberian kisi-kisi soal, dan tahap pelaksanaan uji bentuk tes. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes, observasi, wawancara, dan dokumenter. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan data deskriptif dan inferensial.Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah hipotesis penelitian yang berbunyi: (a) “siswa yang mengikuti tes bentuk uraian memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mengikuti tes bentuk pilihan ganda pada mata pelajaran IPS di Kelas VII SMP Negeri 2 Gorontalo”, dapat diterima. Hasil perhitungan menunjukkan skor rata-rata hasil belajar siswa yang mengikuti tes bentuk uraian (A1) sebesar 22,60 lebih tinggi dari skor rata-rata hasil belajar siswa yang mengikuti tes bentuk pilihan ganda (A2) sebesar 16,26. (b) “terdapat pengaruh interaksi antara bentuk tes dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Kelas VII SMP Negeri 2 Gorontalo”, dapat diterima. Berdasarkan hasil analisis varians dua jalur antar kolom (tes bentuk uraian dan pilihan ganda) diperoleh harga Fhitung = 282,40. Sedang Ftabel pada taraf signifikan α = 0,05, db pembilang α - 1 = 1 db penyebut nt – 4=72   diperoleh F(0,005) (1,68) = 3,96. Ternyata harga Fhitung Ftabel. (c) siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dalam pembelajaran yang menggunakan tes bentuk uraian dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan tes bentuk pilihan ganda pada mata pelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 2 Gorontalo” dapat diterima atau teruji secara signifikan. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t dapat dilihat harga thitung untuk pengujian hipotesis penelitian ketiga sebesar 42,02. Sedang dari daftar distribusi diperoleh tdaftar  = 2,04, ternyata harga  thitung lebih besar dari ttdaftar. Di samping itu dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar dari kelompok A1B1 (X = 27). lebih tinggi dari kelompok A2B1 (X = 18,47). (d) siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dalam penggunaan tes bentuk pilihan ganda dibadingkan dengan penggunaan tes bentuk uraian pada mata pelajaran IPS di Kelas VII SMP Negeri 2 Gorontalo” dapat diterima dan diuji secara signifikan. Berdasarkan pengujian hasil perhitungan uji-t dapat dilihat bahwa thitung untuk pengujian hipotesis penelitian keempat sebesar 27,95. Sedang dari daftar distribusi diperoleh tdaftar pada α = 0,05 dan db = n1 + n2  - 2 diperoleh tdaftar  = 2,04. Ternyata harga thitung > tdaftar. Disamping itu dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar dari kelompok A2B2 (X = 14,05). lebih rendah dari kelompok A1B2 (X = 18,21).Kata kunci : Hasil Belajar, Motivasi Belajar.dan Bentuk Tes

Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011