ESSAY

Writer / NIM
ULAN M. ANIS / 911410006
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Advisor 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstract
ABSTRAK Ulan M. Anis. NIM.911410006. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII I SMP Negeri 13 Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Irina Popoy, S.Pd.,M.Pd. dan pembimbing II Radia Hafid, S.Pd.,M.Si. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni "Apakah dengan penggunaan model pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing hasil belajar siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 13 Gorontalo pada mata pelajaran IPS Terpadu dapat meningkat?". Tujuan penelitian yakni untuk meningkatkan hasil belajar siswapada mata pelajaran IPS Terpadu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Snowball Throwing kelas VIII IPS I SMP Negeri 13 Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian berjumlah 29 orang. Variabel penelitian terdiri dari variabel input, proses dan output. Tahapan penelitian terdiri dari persiapan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yakni lembar pengamatan untuk menilai kegiatan guru, lembar pengamatan untuk menilai kegiatan siwa, dan lembar tes untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa. Teknik analisis data dilaksanakan secara kuantitatif pada setiap akhir siklus pembelajaran dengan menggunakan data hasil observasikegiatan guru dan aktivitas siswa serta data hasil belajar siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (a) Sebelum diadakan tindakan atau penggunaan model pembelajaran snowball throwing hasil belajar siswa yang memperoleh nilai 75 ke bawah atau yang dikategorikan belum tuntas yaitu dari 29 orang siswa hanya 11 orang siswa (37%) yang tuntas (37%) dan 18 orang siswa (63%) yang mendapatkan nilai belum tuntas. (b) Pada tindakan kelas siklus I hasil belajar mata pelajaran IPS terpadu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif snowball throwing pada siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 13 Kota Gorontalo meningkat menjadi 21 orang (72%) yang mendapatkan nilai tuntas. (c) Pada tindakan kelas siklus II hasil belajar mata pelajaran IPS terpadu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif snowball throwing pada siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 13 Kota Gorontalo meningkat menjadi 26 orang siswa (86%) yang mendapatkan nilai tuntas. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Snowball Throwing
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011