ESSAY

Writer / NIM
EKA PRATIWI ADAM / 911410016
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Advisor 2 / NIDN
BADRIYYAAH DJULA, S.Pd, M.Pd / 0016087003
Abstract
ABSTRAK Eka Pratiwi Adam, 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snow Balling (Bola Salju) Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VII SMP Negeri I Paguat. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra Hj Salma A Bowtha M,Pd, Pembimbing II Badriyyah Djula, S.Pd, M.Pd. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan rumusan masalah Apakah pelaksanaan pembelajaran model kooperatif tipe Snow Balling (Bola Salju) pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri I Paguat ?". Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri I Paguat, dengan subjek penelitian adalah kelas VII tahun pelajaran 2014 yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus. Variabel output dari penelitian ini berupa meningkatnya hasil belajar siswa kelas VII yang memperoleh nilai 80 pada mata pelajaran IPS meningkat dari 40% menjadi minimal 80%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus, proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snow Balling (Bola Salju) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dimana pada observasi awal siswa yang berjumlah 20 orang, hanya 40% siswa yang mendapat hasil belajar tuntas dengan nilai rata-rata 61,25. Pada saat model pembelajaran dirubah dari ceramah menjadi model pembelajaran kooperatif tipe Snow Balling (Bola Salju), hasil belajar siswa meningkat menjadi 72,40 (65% siswa dengan kriteria belajar tuntas) pada siklus I dan 85,10 (90% yang tuntas belajar) pada siklus II. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa dan Pembelajaran Snow Balling.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011