ESSAY

Writer / NIM
NURLAILA DJAILANI / 911410028
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. Drs. ABDUL RAHMAN PAKAYA, M.Si / 0020125810
Advisor 2 / NIDN
FRAHMAWATI BUMULO, SE.,M.Si / 0031127801
Abstract
ABSTRAK Nurlaila Djailani, Pengaruh Variasi Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII SMP Negeri 4 Gorontalo, Skripsi, Gorontalo, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo, Tahun 2014. Tujuan penelitian ini yaitu untuk untuk mengukur besarnya pengaruh variasi mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMP Negeri 4 Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Gorontalo berjumlah 207 orang yang terdiri atas 6 kelas/rombongan belajar. Sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik stratified random sampling. Dari keenam kelas/rombongan belajar yang ada diundi untuk menentukan kelas sampel. Bedasarkan hasil undian diperoleh hasil kelas VIII1 sebagai kelas sampel. Jumlah siswa dari kelas tersebut berjumlah 36 orang. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan angket (kuesioner). Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah pengujian regresi linier sederhana yaitu = a + bX dan pengujian korelasi linier sederhana. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMP Negeri 4 Gorontalo. Hal ini disebabkan pada hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi yaitu = 14,82 + 0,49X. Persamaan ini mengandung makna bahwa setiap terjadi perubahan (penurunan atau peningkatan) sebesar 14,82 unit pada variabel variasi mengajar guru maka akan diikuti oleh perubahan (penurunan atau peningkatan) rata-rata sebesar 0,49 unit pada variabel motivasi belajar siswa. Sedangkan pada hasil pengujian korelasi linier sederhana diperoleh 10,89%. Pada hasil perhitungan mengandung makna bahwa derajat pengaruh antara variasi mengajar guru dan motivasi belajar siswa sebesar 10,89%. Dalam arti bahwa 10,89% variasi yang terjadi pada motivasi belajar siswa dapat dijelaskan oleh variasi mengajar guru. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin baik penerapan variasi mengajar guru maka semakin tinggi motivasi siswa untuk belajar. Artinya penerapan variasi mengajar guru sangat perlu dilakukan agar mampu memotivasi siswa dalam mengembangkan potensi yang dimilikinya. Oleh karena itu, perlu adanya interaksi berupa umpan balik antara guru dan siswa selama proses belajar mengajar berlangsung yaitu siswa hanya berfokus pada materi yang disampaikan oleh guru. Kata Kunci: Variasi Mengajar Guru dan Motivasi Belajar Siswa.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011