ESSAY

Writer / NIM
FILDA HAMISI / 911410048
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Advisor 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstract
ABSTRAK Filda Hamisi. 911 410 048. 2014, "meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu dengan menggunakan Metode Diskusi Kelomok di Kelas VII SMP negeri 8 Dulupi Kabupaten Boalemo." Skripsi. Konsentrasi Pendidikan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Meyko Panigoro S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Ibu Melizubaida Mahmud S.Pd, M.Si. Pelaksanaan penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah apakah melalui Metode Diskusi Kelompok dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu dikelas VII SMP Negeri 8 Dulupi Kabupaten Bolemo ?". Tujuan penelitian adalah Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Dengan Menggunakan Metode Diskusi Kelompok, dengan subjek penelitian adalah kelas VII SMP Negeri 8 Dulupi Kabupaten Boalemo Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 34 siswa. Variabel Penelitian terdiri dari input, proses dan output. Teknik Pengumpulan data terdapat lembar observasi, tes, dan wawancara. Teknik Analisis data menggunakan kuantitatif deskriptif. Sebagai simpulan dari penelitian adalah penggunaan Metode Diskusi Kelompok pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas VII SMP Negeri 8 Dulupi Kabupaten Boalemo. Yang dibuktikan dengan hasil analisis penelitian sebagai berikut : 1) Jumlah siswa yang memperoleh nilai minimal 80 meningkat dari (23,52%) saat observasi awal menjadi (44,11%) hasil siklus I dan meningkat lagi menjadi (82,35%) hasil siklus II. 2) Hasil pengamatan kegiatan guru yang termaksud kategori sangai baik dan baik meningkat dari (20%) hasil siklus I, menjadi (95%) hasil siklus II. 3) Hasil pengamatan kegiatan siswa yang termaksud kategori sangat baik dan baik meningkat dari (20%) hasil siklus I, menjadi (93,33%) hasil siklus II. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa dan Metode Diskusi Kelompok
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011