ESSAY

Writer / NIM
RAFLIN PUABENGGA / 911410052
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Advisor 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstract
ABSTRAK Raflin Puabengga 2017 Nim 911 410 052. "meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif learning tipe jigsaw pada mata pelajaran ekonomi kelas xi ips di man batudaa". Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Bapak Dr. H. Usman Moonti, M.Si selaku pembimbing 1 dan Bapak Roy Hasiru S.pd M.pd selaku pembimbing II. Bapak Drs. Rusli Isa M.Si selaku penguji 1 dan Ibu Melizubida Mahmud S.Pd, M.Si selaku penguji II. Tujuan penelitian untuk mengetahui, apakah dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif learning tipe jigsaw pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS MAN Batudaa dapat meningkatkan hasil belajar siswa .Hasil belajar yang belum sesuai target yang diharapkan antara lain disebabkan oleh beberapa aspek kegiatan mengajar guru yang belum terlaksana secara optimal pada siklus I. setelah dilakukan perbaikan dan penyempurnaan aspek-aspek kegiatan belajar mengajar siswa yang memperoleh hasil belajar meningkat . sesuai dengan yang dilakukan oleh peneliti pada observasi awal siswa yang tuntas hanya sekitar (35,49%),katika diterapkan dalam pembelajran kooperatif tipe jigsaw yang di bagi dalam dua siklus mengalami peningkatan di mana pada siklus I ketuntasan meningkat menjadi (54,83 %) serta pada siklus II meningkat lagi menjadi (87,09 %), dengan daya serap siswa (75,61%). Kata kunci: Hasil Belajar Siswa, Metode Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Jigsaw
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011