ESSAY

Writer / NIM
RIFKA LAUHA / 911410058
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Advisor 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstract
ABSTRAK RIFKA LAUHA. 2014. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Pada Mata Pelajaran Akuntansi Di Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Boalemo Kabupaten Boalemo". Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Ibu Meyko Panigoro, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing I dan Bapak Roy Hasiru, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan rumusan masalah "Apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe time token pada mata pelajaran akuntansi di kelas X akuntansi SMK Negeri 1 Boalemo Kabupaten Boalemo akan meningkatkan hasil belajar siswa ?". Tujuan penelitian adalah Meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran koopertif tipe time token pada mata pelajaran akuntansi di kelas X akuntansi SMK Negeri 1 Boalemo Kabupaten Boalemo. Dengan Subjek penelitian adalah kelas X tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 13 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan sebanyak 2 siklus, proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe time token dapat meningkatkan hasil belajar siswa dimana pada observasi awal siswa yang berjumlah 13 orang, hanya 5 atau 38.46% siswa yang mendapat hasil belajar tuntas. Pada saat model pembelajaran dirubah dari ceramah menjadi model pembelajaran kooperatif tipe time token, hasil belajar siswa pada siklus 1 menunjukan nilai rata-rata kelas mencapai 68.07% dan ketuntasan belajar 46.15%. Pada siklus 2 nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 80% dan ketuntasan belajar 84.62%. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi "Jika digunakan model pembelajaran kooperatif tipe time token pada mata pelajaran Akuntansi dikelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Boalemo Kabupaten Boalemo, maka hasil belajar siswa akan meningkat dapat diterima". Kata Kunci: Hasil Belajar siswa dan Pembelajaran Kooperatif Time Token
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011