ESSAY

Writer / NIM
MILDA ABDULLAH / 911410061
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Advisor 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstract
ABSTRAK Milda Abdullah. Nim. 911410061 "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Question Students Have pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Patilanggio Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo". Konsentrasi Pendidikan Akuntansi, program studi Pendidikan Ekonomi, jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dra. Hj Salma Bowtha, M.Pd dan pembimbing II Bapak Roy Hasiru, S.Pd, M.Pd. Pelaksanaan penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Question Student Have pada mata pelajaran IPS Terpadu dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Patilanggio Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas, subyek penelitian berjumlah 22 orang, laki-laki berjumlah 10 orang dan perempuan 12 orang. Variabel peneliti terdiri dari variabel input, proses, dan output. Tahapan peneliti terdiri dari persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan, evaluasi, analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilaksanakan secara kuantitatif serta menggunakan kriteria penilaian prestasi hasil belajar.Sebagai kesimpulan dari peneliti ini adalah hipotesis peneliti yang berbunyi: "Jika menggunakan model pembelajaran Question Student Have pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Patilanggio Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo, maka hasil belajar siswa akan meningkat". Dapat diterima karena didukung dengan hasil belajar siswa yang meningkat pada tahap observasi awal hasil belajar hanya 45,55% setelah dilakukan siklus I meningkat menjadi 59,91% dan meningkat lagi setelah dilakukan siklus II menjadi 81,18%. Hasil pengamatan kegiatan guru juga meningkat dari 69,22% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Hasil pengamatan kegiatan siswa juga meningkat dari 46,85% pada siklus I menjadi 91,69% pada siklus II. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Question Student Have
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011