ESSAY

Writer / NIM
MOHAMAD GUNTUR SUNE / 911410064
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Advisor 2 / NIDN
RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstract
ABSTRAK Mohamad Guntur Sune, 2016. Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 1 Bolangitang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Dr. H. Usman Moonti., M.Si dan Pembimbing II Bapak Rustam Tohopi, S.Pd., M.Si Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Bagaimana Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 1 Bolangitang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Sementara itu yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Bolangitang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jumlah populasi 120 orang siswa, dari populasi dilakukan pengambilan sampel sebesar 25% atau 30 orang. Adapun tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi dan untuk mengukur tingkat signifikansi dan linieritas persamaan regresi dengan menggunakan rumus uji linieritas dan uji keberartian dan dilanjutkan dengan analisis Koefisiensi Korelasi. Dengan variabel X yaitu Pembelajaran CTL, dan variabel Y yaitu Hasil Belajar Siswa. Sesuai dengan metode penelitiannya, maka data yang telah diperoleh dari penyebaran angket yang dianalisis secara statistik dengan menggunakan uji regresi dan korelasi. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa Pembelajaran CTL memberikan pengaruh yang besar terhadap peningkatan Hasil Belajar Siswa ini dapat dilihat dari hasil perhitungan persamaan regresi diperoleh = 30,50 + 0,60X, hal ini berarti setiap terjadi perubahan sebesar satu unit Variabel X, maka akan diikuti oleh perubahan rata-rata Variabel Y. Dengan demikian, peneliti dapat menyimpulkan bahwa Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berpengaruh Positif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Bolangitang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Kata Kunci : Pembelajaran CTL dan Hasil Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011