ESSAY

Writer / NIM
HASTUTI TOMPIG / 911410069
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Advisor 2 / NIDN
RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstract
ABSTRAK Hastuti Tompig, NIM 911 410 069. "MeningkatkanHasilBelajarSiswaMelaluiMelalui Model Pembelajaran Cooperative Tipe Teams Games Tournament pada Mata Pelajaran IPS TerpadudiKelasVII2 SMPNegeri2Botumoito KabupatenBoalemo. Skripsi.DibawahBimbinganIbuDra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd Dan bapakRustam Tohopi, S.Pd, M.si. Program StudiPendidikanEkonomiFakultasEkonomi Dan Bisnis Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiapakahdenganmenggunakanmodel pembelajaran Cooperative TipeTeams Games TournamentpadamatapelajaranIPS Terpadudapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Hipotesispenelitianadalah "jikamenggunakanpembelajaran Cooperative Tipe Teams Games Tournament padamatapelajaranIPS Terpadu, makahasilbelajarsiswapadakelasVII2SMPNegeri2 Botumoitoakanmeningkat", denganindikatorpenelitian : dimanabilasiswamemperolehnilaiatauhasilbelajarmengalamiketuntasanyaitu 75 akanmeningkatdari31,7% menjadi75%. Penelitian observasi awal yang didapatkan peneliti dimana dari 27 orang jumlah siswa di kelas VII2 hanya 9 orang siswa yang tuntas atau 31,7% dan siswa yang belum tuntas 18 orang siswa atau 68,3%.Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Tipe Teams Games Tournament, hasil belajar siswa pada siklus I menunjukan adanya peningkatan dari observasi awal yaitu dari jumlah siswa 27 orang yang mendapatkan nilai 75 ke atas adalah 11 orang atau 40,74%. Sedangkan yang mendapatkan nilai 75 ke bawah sebanyak16 orang atau 59,26% dengan rata-ratadaya serap 72,40%, akan tetapi belum mencapai indikator yang ditetapkan oleh guru peneliti karena hasilbelajar yang belumsesuai target yang diharapkanantara lain disebabkanolehbeberapaaspekkegiatan guru yang belumterlaksanasecara optimal padasiklus I. Setelahdilakukanperbaikandanpenyempurnaanaspek-aspekkegiatanbelajarmengajar maka padasiklus II menunjukanterjadipeningkatanhasilbelajarsiswa,berdasarkanpadahasilpengamatanpelaksanaansiklus II dari 27 orang siswa yang mendapatkan nilai 75 ke atas sebanyak 22 orang siswa atau 81,48%, sedangkan yang memperolehnilaidibawah 75 berjumlah 5 orang siswa atau 18,52% dari 27 siswa kelas VII2 dengan rata-rata daya serap 80,22%. Dengan demikian pada siklus II telah mencapai indikator yang telah ditetapkan dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan data analisisnilai yang diperolehdenganmenggunakanmodel pembelajaran Cooperaive Tipe Teams Games Tournament (TGT)padamatapelajaranIPS Terpadudapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Cooperative TipeTeams Games Tournament (TGT)
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011