ESSAY

Writer / NIM
ZEIN BADARU / 911410074
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Advisor 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstract
ABSTRAK Zein Badaru, NIM 911 410 074. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Question Student Have Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Kelas VII-1 SMP Negeri 2 Batudaa Kabupaten Gorontalo". Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Hj Salma Bowtha, M.Pd. Pembimbing II Melizubaida Mahmud, S.Pd, M.Si. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan rumusan masalah "Apakah dengan penerapan Metode Question Have dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII-1 SMP Negeri 2 Batudaa Kabupaten Gorontalo?". Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Hipotesis penelitian adalah "Jika guru pada proses pembelajaran menggunakan Metode Question Student Have, maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Batudaa Kabupaten Gorontalo akan meningkat", dengan indikator penelitian : dimana bila siswa memperoleh nilai atau hasil belajar mengalami ketuntasan yaitu 75 akan meningkat dari 40% menjadi 80%. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Batudaa Kabupaten Gorontalo, dengan objek penelitian adalah kelas VII-1 tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 25 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 (dua) siklus. Variabel output dari penelitian ini berupa meningkatnya hasil belajar siswa kelas VII-1yang memperoleh nilai 75 keatas pada mata pelajaran IPS Terpadu dari 40% menjadi minimal 80%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan selama 2 (dua) siklus, proses pembelajaran dengan menggunakan metode Question Student Havedapat meningkatkan hasil belajar siswa dimana pada observasi awal dari jumlah 25 orang siswa hanya 40% siswa yang mendapat hasil belajar tuntas dengan nilai rata-rata diatas 80%. Pada saat model pembelajaran dirubah dari ceramah menjadi metode Question Student Have, hasil belajar siswa pada siklus I menunjukan nilai rata-rata kelas mencapai 67,4% dan ketuntasan presentase 56%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 87% dan ketuntasan presentase 88%. Sehingga penelitian ini dapat di terima. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Metode Pembelajaran Question Student Have.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011