ESSAY

Writer / NIM
OPIN AHMAD / 911410077
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Advisor 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstract
ABSTRAK Opin Ahmad. Nim: 911410077. Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan pada materi pajak kelas VIIIA SMP Negeri 2 Wonosari. Program studi pendidikan ekonomi akuntansi fakultas ekonomi dan bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. 2014. Dibawah bimbingan ibu Dra.Hj. Salma Bowtha, M.Pd, dan ibu Radia Hafid, S.Pd, M.Si. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang tepatnya guru dalam memilih model pembelajaran serta rendahnya hasil belajar siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Wonosari pada mata pelajaran IPS khususnya materi pajak sehingga perlu dicari alternative pemecahan masalah dengan menerapkan proses pembelajaran yang lebih berorientasi pada siswa secara aktif. Subjek penelitian berjumlah 20 orang laki-laki berjumlah 10 orang dan perempuan berjumlah 10 orang. Variabel penelitian terdiri dari variable input, proses, dan output. Tahapan penelitian terdiri dari persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan, evaluasi, analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilaksanakan secara kuantitatif serta meggunakan kriteria penilaian prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIA. SMP Negeri 2 Wonosari tahun pelajaran 2013/2014 pada mata pelajaran IPS khususnya materi pajak. Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Kartu Arisan
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011