ESSAY

Writer / NIM
MELANI J. KARAMA / 911410086
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Advisor 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstract
ABSTRAK Meilani J. Karama, 2015: Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi dengan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual pada Kelas X di SMA Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Skripsi Sl Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. H. Rosman Ilaato, M.Pd dan Pembimbing II. Melizubaeda Mahmud, S.Pd Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi melalui Pendekatan Pembelajaran kontekstual di SMA Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Setting penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus dalam penelitian diawali dengan perencanaan tindakan, penerapan tindakan, mengobservasi dan mengevaluasi proses dan hasil tindakan, dan melakukan refleksi. Pada siklus I dilaksanakan tiga kali pertemuan dan pada siklus II dilaksanakan dua kali pertemuan sehingga keseluruhan lima kali pertemuan. Obyek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo dengan jumlah siswa 28 orang yang terdiri dari 13 orang siswa perempuan dan 15 orang siswa laki-laki. Alasan peneliti memilih metode Penelitian Tindakan Kelas, sebagai berikut (1) Hasil belajar siswa kurang memuaskan, rata-rata kelas sebesar 63 dan banyak siswa yang memiliki nilai kurang dari KKM yang telah ditentukan yakni 71; (2) Kelas tersebut susah dikondisikan dalam pembelajaran dibandingkan dengan kelas lain, Berdasarkan hasil pengolahan data dan pembahasan, maka disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari 7 orang menjadi 26 orang atau atau 25% menjadi 93% setelah diterapkan pendekatan pembelajaran kontekstual pada kelas X di SMA Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011