ESSAY

Writer / NIM
WIRNANINGSI ADOE / 911410088
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Advisor 2 / NIDN
FITRI HADI YULIA AKIB, SE, ME / 0025078201
Abstract
Wirnaningsi Adoe. NIM : 911 410 088. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Dengan menggunakan Pendekatan Pembelajaran paikem dan Pendekatan Pembelajaran CTL pada Mata pelajaran IPS Terpadu ( Penelitian Pada Kelas VIIIA dan VIIIB di SMP Negeri 1 Botupingge ). Skripsi Program Studi Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas negeri Gorontalo 2014. Dibawah Bimbingan Ibu Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd dan Ibu Fitri Hadi Yulia Akib, SE. ME. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada Perbedaan Hasil Belajar siswa di kelas VIIIA dan VIIIB SMP Negeri 1 Botupingge khusunya Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Paikem Dan Pendekatan Pembelajaran CTL. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar siswa. Data yang diperoleh selanjutnya di analisa untuk memperoleh rata-rata daya serap siswa guna mengetahui ketuntasan hasil belajar. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa melalui Pendekatan Pembelajaran Paikem Dan Pendekatan Pembelajaran CTL pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIIIA dan VIIIB SMP Negeri 1 Botupingge.Dalam penelitian ini peneliti menetapkan populasi adalah seluruh siswa kelas VIII yang ada di SMP Negeri 1 Botupingge dengan jumlah 4 kelas, namun dalam penelitian ini yang ditetapkan menjadi sampel adalahdua kelas terdiri dari kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan VIIIB sebagai kelas control. Berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dilakukan, maka dapat terlihat bahwa hipotesis berbunyi "Tidak Terdapat Perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan menerapkan Pendekatan Pembelajaran Paikem Dan Pendekatan Pembelajaran CTL pada mata pelajaran IPS Terpadu" adalah ditolak. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pendekatan, Pembelajaran, PAIKEM Dan CTL
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011