ESSAY

Writer / NIM
METNAWATI A. S. KARIM / 911410095
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. Ir. SYARWANI CANON, M.Si / 0024076506
Advisor 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstract
ABSTRAK Metnawati A.S. Karim, 911 410 095. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan "model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode pembelajaran diskusi" di MTs Negeri Gorontalo. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen Two Group Post-Only. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIIIA dan kelas VIIIB di MTs Negeri Gorontalo. Sampel penelitian 20 orang siswa kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol Data kedua variabel dari penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes. Analisis data menggunakan uji kesamaan dua rata-rata dua pihak. Dari hasil penelitian dapat dilihat dari adanya hasil belajar siswa yang mendapat perlakuan dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode pembelajaran diskusi. Dari hasil analisis statistik dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan penggunaan metode pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan metode Diskusi pada siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Gorontalo. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Pembelajaran Diskusi.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011