ESSAY

Writer / NIM
ATHYCA FRANSISCA SOFYAN / 911410097
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Advisor 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstract
ABSTRAK Athyca Fransisca Sofyan. 2014. Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII SMP Muhammadiyah Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi Perkantoran, Jurusan S1 Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah Bimbingan Ibu Meyko Panigoro, S.Pd., M.Pd dan Bapak Agil Bachsoan, S.Ag., M.Ag. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur besarnya pengaruh kreativitas guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMP Muhammadiyah Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dengan jumlah populasi 68 orang siswa dengan penarikan sampel adalah kesuluruhan dari jumlah populasi yaitu 68 orang siswa. Peneliti menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Sedangkan pada teknik analisis data, peneliti menggunakan analisis statistika parametrik dengan pengujian normalitas data yakni variabel X Kreativitas guru dan variabel Y Motivasi Belajar Siswa. Untuk pengujian hipotesis,peneliti menggunakan pengujian regresi linier sederhana, selanjutnya digunakan uji linieritas dan uji keberartian. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMP Muhammadiyah Tilango Kec. Tilango Kab. Gorontalo. Hal ini didasarkan pada persamaan regresi yaitu =37,91+0,39X. Persamaan ini mengandung makna bahwa apabila terjadi perubahan sebesar 37,91 pada variabel X (kreativitas guru) maka akn diikuti oleh perubahan rata-rata sebesar 0,39 pada varibel Y (motivasi belajar siswa). Sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,0676 atau 6,76%. Hal ini mengandung makna bahwa derajat pengaruh antara kreativitas guru dan motivasi belajar siswa sebesar 6,76%. Dalam arti bahwa 6,76% variasi yang terjadi pada motivasi belajar siswa dapat dijelaskan oleh kreativitas guru. Sehingga terdapat 93,24% variasi dipengaruhi oleh faktor lain yang belum dijelaskan dalam penelitian ini. Faktor-faktor tersebut diantaranya keterampilan guru, kemampuan/kompetensi guru, kinerja kepala sekolah dan lain sebagainya. Kata Kunci: Kreativitas Guru dan Motivasi Belajar Siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011