ESSAY

Writer / NIM
FITRIYANTI KATILI / 911410106
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Advisor 2 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Abstract
Abstrak Fitri Yanti Katili, Nim: 911 410 106, " Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tari Bambu Di Kelas Viii-B Smp Negeri 1 Mananggu Kabupaten Boalemo ". Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo 2014. Di bawah bimbingan bapak Dr. Hamzah Yunus, M.Pd dan Ibu Meyko Panigoro S.Pd, M.Pd selaku pembimbing I dan II. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rumusan masalah apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan pembelajaran tari bambu pada mata pelakaran IPS Terpadu di kelas VIII-B SMP Negeri 1 Mananggu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran tari bambu pada pelajaran IPS VIII-B SMP Negeri Mananggu. Variabel penelitian terdiri dari variabel input, variabel proses, dan variabel output, objek penelitian berjumlah 25 orang siswa. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan lemabar observasi kegaiatan guru dan kegaiatn siswa sera tes hasil belajar yang dilakukan secara bersiklus. Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah hipotesis tindakan yang dikemukakan "jika digunakan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu pada mata pelajaran IPS Terpadu maka hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Mananggu akan Meningkat". Dapat diterima hal ini dapat dilihat dari 1 siswa yang memperoleh hasil belajar 70 ke atas meningkat dari 52% pada siklus 1 meningkat menjadi 80% pada siklus 2, 2 hasil pengamatan kegiatan guru yang termasuk kategori sangat baik dan baik meningkat dari 5,55% pada siklus 1 menjadi 66,66% pada siklus 2, 3) hasil pengamatan kegiatan siswa yang termasuk kategori sangat baik dan baik meningkat dari 7,14% pada siklus 1 menjadi 71,42% pada siklus 2. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tari Bambu
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011