ESSAY

Writer / NIM
KARLIN ARDAN / 911410110
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Advisor 2 / NIDN
BADRIYYAAH DJULA, S.Pd, M.Pd / 0016087003
Abstract
ABSTRAK KARLIN ARDAN, 911410110. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Meke a Match Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMP Negeri 2 Mootilango Kabupaten Gorontalo, Pembimbing I Ibu Dra. Irina Popoi S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Ibu Badriyya Djula, S.Pd, M.Pd Tujuan penelitian: Untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII B SMP Negeri 2 Mootilango kecamatan mootilango Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian: Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. Hasil Penelitian: Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Berdasarkan analisis data maka diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi, yakni pada siklus I siswa yang memperoleh nilai rata-rata kelas mencapai 45,96% dan ketuntasan klasikal sebesar (4,61%) dan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 74,61% dan ketuntasan klasikal sebesar (6,46%). Dengan demikian hipotesis yang berbunyi "jika digunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada siswa kelas VIIIB Ekonomi di SMP Negeri 2 Mootilango Kabupaten Gorontalo, maka hasil belajar siswa akan meningkat". Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match"
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011