ESSAY

Writer / NIM
INDRIYANI NALOLE / 911410111
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. Ir. SYARWANI CANON, M.Si / 0024076506
Advisor 2 / NIDN
SRI INDRIYANI S DAI, SE, ME / 0024018402
Abstract
ABSTRAK INDRIYANI NALOLE, Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru terhadap Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII SMP Negeri 1 Kabila Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango, Skripsi, Gorontalo, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo, Tahun 2014. Keterampilan mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMP Negeri 1 Kabila Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango. Hal ini disebabkan diperoleh koefisien determinasi (r2) sebesar 0,1521 atau 15,21%. Pada hasil perhitungan mengandung makna bahwa derajat pengaruh antara keterampilan mengajar guru dan aktivitas belajar siswa sebesar 15,21%. Dalam arti bahwa 15,21% variasi yang terjadi pada aktivitas belajar siswa dapat dijelaskan oleh keterampilan mengajar guru.Sehingga dapat disimpulkan bahwa keterampilan mengajar guru sangat dibutuhkan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Pengaruh kedua variabel tersebut dapat lebih ditingkatkan jika guru mampu mengelolah kelas. Disamping itu, pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap aktivitas belajar siswa juga dapat ditingkatkan jika guru mampu menjelaskan materi dalam mengajar sehingga tercipta proses belajar yang menyenangkan. Kata Kunci: Keterampilan Mengajar Guru dan Aktivitas Belajar Siswa.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011