ESSAY

Writer / NIM
TJITRIYANTI POTABUGA / 911410113
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Advisor 2 / NIDN
Drs. RUSLI ISA, M.Si / 0006076604
Abstract
ABSTRAK TJITRIYANTI POTABUGA,2014. Nim 911410113 " Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two pada mata pelajaran IPS terpadu di kelas VIII-B di SMP negeri 1 Bolaang". Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo tahun 2014. Dibawah bimbingan Ibu Meyko Panigoro, S.pd.,M.pd selaku bimbingan I dan Bapak Drs. Rusli Isa.,M.si selaku bimbingan II. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan rumusan masalah " Apakah dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of two dapat peningkatan Hasil belajar Siswa pada mata pelajaran IPS terpadu di Kelas VIII-B di SMP Negeri 1 Bolaang? Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Bolaang kabupaten Bolaang Mongondow, dengan subjek penelitian adalah kelas VIII-B tahun pelajaran 2014 yang berjumlah 34 siswa 18 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus. Variabel output dari penelitian ini berupa meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-B yang memperoleh nilai 75 pada mata pelajaran IPS meningkat dari 44,44% menjadi minimal 80%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus, proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of two dapat meningkatkan hasil belajar siswa dimana observasi awal siswa yang bejumlah 34 orang, hanya 44,44% siswa yang mendapat hasil belajar tuntas dengan rata-rata 75. Pada saat model pembelajaran dirubah dari ceramah menjadi model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two, hasil belajar siswa meningkat menjadi 70,58% yang tuntas belajar pada siklus I dan 82,36% yang tuntas belajar pada siklus II. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi " jika guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe The power Two maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu akan meningkat dan dapat diterima. Kata Kunci: Hasil Belajar siswa dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011