Writer / NIM
						DITA ANGGRAINI MAMONTO / 911410121
						Study Program
						S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
						Advisor 1 / NIDN
						IRWAN YANTU, S.Pd., M.Si / 0020107305
						Advisor 2 / NIDN
						HERWIN MOPANGGA, SE, M.Si / 0024037803
						Abstract
						ABSTRAK
DITA  ANGGRAINI  MAMONTO.  2014.  Pengaruh  Pengelolaan  Kelas 
Terhadap Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas 
XI  IPS  SMA  Negeri  1  Paguat  Kabupaten  Pohuwato.  Skripsi,  Program 
Studi  S1  Pendidikan  Ekonomi  Akuntansi,  Jurusan  Pendidikan  Ekonomi, 
Fakultas  Ekonomi  dan  Bisnis,  Universitas  Negeri  Gorontalo.  Dibimbing 
oleh  Bapak  Irwan  Yantu,  S.Pd.,  M.Si  selaku  pembimbing  I  dan  Bapak 
Herwin Mopangga, SE., M.Si selaku pembimbing II.  Permasalahan dalam 
penelitian  ini  adalah:  Apakah  pengelolaan  kelas  berpengaruh  terhadap 
aktivitas belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS SMA 
Negeri  1  Paguat  Kabupaten  Pohuwato?.  Sementara  itu  yang  menjadi 
tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  seberapa  besar 
pengaruh  pengelolaan  kelas  terhadap  aktivitas  belajar  siswa  pada  Mata 
Pelajaran  Ekonomi  di  Kelas  XI  IPS  SMA  Negeri  1  Paguat  Kabupaten 
Pohuwato.  Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Adapun jumlah 
penarikan sampel yaitu 60 orang siswa. Peneliti menggunakan beberapa 
teknik  pengumpulan  data  yaitu  observasi,  wawancara,  dokumentasi  dan 
angket.  Sedangkan  pada  teknik  analisis  data,  peneliti  menggunakan 
analisis  statistik  yakni  pengujian  Regresi  Linier  Sederhana  yang  melihat 
pengaruh  antara  satu  variabel  bebas  dan  satu  variabel  terikat,  Adapun 
variabel  bebas  (X)  pada  penelitian  ini  adalah  pengelolaan  kelas  dan 
variabel  terikat  (Y)  adalah  aktivitas  belajar  siswa.  Berdasarkan  hasil 
penelitian  dan  pembahasannya,  peneliti  dapat  menyimpulkan  bahwa 
"Pengelolaan  Kelas  Berpengaruh  Positif  Terhadap  Aktivitas  Belajar 
Siswa".  Hal  ini  terlihat  dimana  Pengaruh  Pengelolaan  Kelas  sebesar 
42,6%,  sedangkan sisanya sebesar 57,4% dipengaruhi oleh variabel lain 
yang  tidak  diteliti  dalam  penelitian  ini.  Dengan  demikian  hipotesis 
menyatakan bahwa   diterima.
Kata kunci: Pengelolaan Kelas dan Aktivitas Belajar Siswa
1
Dita  Anggraini mamonto, Mahasiswa. Jurusan  Pendidikan  Ekonomi. Fakultas  Ekonomi 
Dan Bisnis. Universitas Negeri Gorontalo.
2
Irwan  Yantu,  S.Pd.,M.Si.  Dosen  Pendidikan  Ekonomi.  Fakultas  Ekonomi  Dan  Bisnis. 
Universitas Negeri Gorontalo.
3
Herwin  Mopangga,  SE.,  M.Si.  Dosen  Pendidikan  Ekonomi.  Fakultas  Ekonomi  Dan 
Bisnis. Universitas Negeri Gorontalo.
						Download files