ESSAY

Writer / NIM
SASMITA HAIRIA LAUMA / 911410143
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Advisor 2 / NIDN
BADRIYYAAH DJULA, S.Pd, M.Pd / 0016087003
Abstract
ABSTRAK Sasmita Hairia Lauma, Nim 911410143, 2014. "Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas IX MTs Negeri Bolangitang Timur Kec. Bolangitang Timur, Kab. Bolaang Mongondow Utara". Skripsi, (Dibimbing oleh Ibu Hj. Dra. Salma Bowtha, M.Pd dan Ibu Badriyyah Djula, S.Pd, M.Pd). Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Tata Niaga, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MTs Negeri Bolangitang Timur pada mata pelajaran IPS Terpadu. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan analisis data yang dilakukan peneliti dapat dikemukakan bahwa antara variabel X atau pengaruh keterampilan mengajar guru yang ditinjau dari keterampilan penguatan, menjelaskan, bertanya, membuka dan menutup pelajaran dengan variabel Y atau motivasi belajar siswa yang ditinjau dari adanya hasrat, dorongan, harapan, penghargaan, kegiatan yang menarik, dan lingkungan belajar yang kondusif adalah sebesar 22,17%. Nilai ini menunjukkan adanya pengaruh antara keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa dan sisanya 77,83% merupakan pengaruh dari faktor lain yang tidak didesain dalam penelitian ini seperti perhatian orang tua dan lain sebagainya. Kurangnya penguasaan keterampilan mengajar yang dimiliki oleh guru dalam mengajar menyebabkan kurangnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas IX MTs Negeri Bolangitang Timur. Hal ini harus menjadi perhatian dari para guru dan pihak sekolah, karena pengaruh yang berasal dari guru lebih kecil pengaruhnya dibandingkan dengan pengaruh yang ditimbulkan oleh faktor-faktor lain yang tidak didesain dalam penelitian ini. Hasil ini juga sekaligus menunjukkan bahwa hipotesisi penelitian yang berbunyi terdapat pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di MTs Negeri Bolangitang Timur terbukti diterima. Kata Kunci: Keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar siswa.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011