ESSAY

Writer / NIM
CINDRAWATY MATO / 911410150
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Advisor 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstract
ABSTRAK Cindrawaty Mato. '' Meningkatkan Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu melalui model pembelajaran kooperatif Tipe Number Heads Together ( NHT ) ( Suatu penelitian pada siswa Kelas VIII B di SMP Negeri 13 Gorontalo )''. Skripsi Dibimbing oleh Ibu Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd ( pembimbing I ) dan Ibu Melizubaida Mahmud, S.Pd. M.Si ( pembimbing II). Jurusan Pendidikan Ekonomi Konsentrasi Pendidikan Perkantoran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo 2014. Penelitian bermaksud untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Number Heads Together ( NHT ) di Kelas VIII B di SMP Negeri 13 Gorontalo. Rumusan dalam penelitian ini adalah '' Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together ( NHT ) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII B di SMP Negeri 13 Gorontalo meningkat ? Setelah penelitian tindakan kelas ini dilakukan dari observasi awal sampai ke siklus II, maka terbukti dapat menerima hipotesis yang diajukan : Dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together ( NHT ) dalam pelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII B di SMP Negeri 13 Gorontalo aktivitas siswa dapat meningkat. Hasilnya dapat dilihat dan dibandingkan siklus I siswa yang memperoleh nilai minimal 7.5 adalah 66.67% dan siklus II mencapai 86.67%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai model pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together ( NHT ) dalam pelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII B di SMP Negeri 13 Gorontalo aktivitas siswa dapat meningkat dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan sesuai dengan hasil penelitian pada siklus I dan siklus II. Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together ( NHT) dan Hasil Belajar Siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011