ESSAY

Writer / NIM
BELAVISTA HALID / 911410169
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Advisor 2 / NIDN
BADRIYYAAH DJULA, S.Pd, M.Pd / 0016087003
Abstract
BELAVISTA halid. NIM 911410169. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe TAI (Team Accelerated Intruction) Pada Mata Pelajaran Ekonomi IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 13 Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi.Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr.Hamza Yunus, M.Pd. dan Pembimbing II Badriyyah Djula,S.Pd.,MPd. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu"Apakah dengan menggunakan menggunakan model pembelajaran Kooperatif TAI (Team accelerated Intruction) hasil belajar siswa kelas VIII Ekonomi SMP Negeri 13 Gorontalo terdapat peningkatan?".Tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif TAI (Team Accelerated Intruction) kelas VIII SMP Negeri 13 Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas Subjek penelitian berjumlah 29 orang.Variabel terdiri dari variabel input,proses dan output.Tahapan penelitian terdiri dari persiapan,pelaksanaan tindakan,pengamatan dan refleksi.Teknik pengumpulan data yakni lembar pengamatan untuk menilai kegiatan guru,lembar pengamatan untuk manilai kegiatan siswa,dan lembar tes untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa.teknik analisis data dilaksanakan secara kuantitatif pada setiap akhir pembelajaran dengan menggunakan data hasil observasi kegiatan guru dan aktivitas siswa serta data hasil belajar siswa. Kesimpulan dar penelitian ini adalah (a) Hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran koopertaif TAI (Team Accelerated Intruction) pada siswa kellas VIII-1 SMP Negeri 13 Gorontalo.(b)Pada hasil obsevasi yang saya lakukan sebelum melaksanakan penelitian Nilai siswa dibawah stanadar yang diharapkan,yaitu dari 29 siswa yang mendapat nilai 75 sekitar 18 orang sedangakan yang 11 orang 75 ke bawah.(c)Pada tindakan kelas siklus I hasil belajar mata pelajaran Ekonomi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif TAI (Team Accelerated Intruction)pada siswa kelas VIII Ekonomi SMP Negeri 13 Gorontalo meningkat 20 orang (68.97%) yang mendapatkan nilai tuntas. (c) Pada tindakan kelas siklus II hasil belajar mata pelajaran Ekonomi melalui penerapan model pembelajaran koopertif TAI (Team Accelerated Intruction) pada kelas VIII-1 SMP Negeri 13 Kota Gorontalo meningkat menjadi 24 orang siswa (82.76%) yang mendapatkan nilai tuntas. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa,TAI (Team Accelerated Intruction)
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011