ESSAY

Writer / NIM
ORIN MADINA / 911410176
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. YULIANTO KADJI, M.Si / 0013076704
Advisor 2 / NIDN
BADRIYYAAH DJULA, S.Pd, M.Pd / 0016087003
Abstract
ABSTRAK Orin Madina, Nim: 911 410 176, Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 8 Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. Yulianto Kadji, M.Si dan Pembimbing II Ibu Badriyyah Djula, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rumusan masalah: "Apakah Terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 8 Gorontalo.?". Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dan korelasional dengan jumlah sampel 50 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Sebagai kesimpulan dari penelitian adalah persamaan regresi yaitu = 35,10 + 0,49X. Hal ini berarti setiap terjadi perubahan sebesar satu unit variabel X (model pembelajaran berbasis masalah), maka akan diikuti oleh perubahan rata-rata variabel Y (motivasi belajar siswa) sebesar 0,49 dan ini berarti setiap terjadi perubahan pada indikator model pembelajaran berbasis masalah, maka akan diikuti oleh perubahan rata-rata indikator motivasi belajar siswa di SMP Negeri 8 Gorontalo. (2) pengujian linieritas persamaan regresi diperoleh harga Fhitung = 0.87 sedangkan dari daftar distribusi frekuensi diperoleh Fdaftar = 1.96. Ternyata harga Fhitung lebih kecil dari harga Fdaftar, sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi hasil perhitungan data penelitian ini berbentuk linier.(3) pengujian keberartian atau signifikan persamaan regresi diperoleh harga Fhitung =9.03 dan dari daftar distribusi frekuensi diperoleh harga Fdaftar = 4.04. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar siswa. (4) model pembelajaran berbasis masalah dalam proses pembelajaran memberikan kontribusi terhadap motivasi belajar siswa sebesar 16% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain seperti kreativitas mengajar guru, media pembelajaran dan variable lainya. Kata Kunci :Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Motivasi Belajar Siswa.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011