ESSAY

Writer / NIM
RIWANTI IBRAHIM / 911410177
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
IMRAN ROSMAN HAMBALI, S.Pd., SE., MSA / 0023087004
Advisor 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstract
ABSTRAK Riwanti Ibrahim, 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Debat Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII A SMP Negeri 2 Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo . Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Imran R. Hambali S. Pd., SE., M. SA, Pembimbing II Agil Bahsoan S. Ag., M. Ag. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan rumusan masalah "Apakah penggunaan model pembelajaran cooperatif tipe debat akan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII A SMP Negeri 2 Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo?" Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo, dengan subjek penelitian adalah kelas VIII A tahun pelajaran 2014 yang berjumlah 34 siswa terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus. Variabel output dari penelitian ini berupa meningkatnya hasil belajar siswa kelas VIII A yang memperoleh nilai 75 pada mata pelajaran IPS meningkat dari 64,% menjadi minimal 85%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus, proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran cooperatif tipe debat dapat meningkatkan hasil belajar siswa dimana pada observasi awal siswa yang berjumlah 34 orang, hanya 64% siswa yang mendapat hasil belajar tuntas dengan nilai rata-rata 74, 17. Pada saat model pembelajaran dirubah dari ceramah menjadi model pembelajaran cooperatif tipe debat, hasil belajar siswa meningkat menjadi 64, 70 (65% siswa dengan kriteria belajar tuntas) pada siklus I dan 85,29 (90% yang tuntas belajar) pada siklus II. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa dan Pembelajaran CooperativeTtipe Debat
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011