ESSAY

Writer / NIM
ALWIYAH TONTOLI / 911411008
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Advisor 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstract
ABSTRAK ALWIYAH TONTOLI NIM: 911 411 008. Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kartu Arisan pada materi Masalah Ekonomi Kelas X-G SMA N 1 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. 2015. Dibawah bimbingan Bapak Dr. H. Usman Moonti, M.Si, dan ibu Radia Hafid, S.Pd, M.Si. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-G SMA N 1 Bongomeme khususnya pada mata pelajaran Ekonomi melalui penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Kartu Arisan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar yang dilakukan secara bersiklus. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisa untuk memperoleh rata-rata daya serap siswa guna mengetahui ketuntasan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kartu Arisan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-G SMA N 1 Bongomeme tahun pelajaran 2013/2014 pada mata pelajaran Ekonomi. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 63,63% menjadi 90,90% atau rata-rata kelas 74,54 pada siklus I menjadi 89,54 pada siklus II. Sehingga hipotesis yang berbunyi "Jika digunakan Model Pembelajaran Kooperatif kartu arisan, maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi pada siswa kelas X-G SMA N 1 Bongomeme akan meningkat", dinyatakan dapat diterima. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa dan Kooperatif tipe Kartu Arisan.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011